Beriklan di media sosial merupakan salah satu cara yang sangat ampuh untuk meningkatkan bisnis kamu. Tak heran jika banya sekali iklan yang telah tayang di beberapa platform sosial media saat ini. Tidak mungkin jika kamu tidak melihat iklan-iklan di semua platform media dari pelaku bisnis dari semua bidang.

Saat ini platform media sosial yang mempunyai pengguna tertinggi adalah Facebook & Instagram. Kita berbicara mengenai iklan di Facebook dan Instagram. Banyak pelaku usaha yang menjalankan iklan berbayar di kedua platform media sosial itu tanpa strategi. Mereka mengeluarkan dana yang bisa dibilang lumayan banyak dan hasilnya sama sekali tidak efektif. Banyak pelaku usaha yang telah mengeluh kepada saya. Mereka mengeluh karena telah menghabiskan banyak uang untuk membayar iklan yang tidak efektif dan terbuang sia-sia.

Ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum melakukan iklan berbayar di media sosial, antara lain adalah:

1. Tentukan Strategi Iklan

Sebelum melakukan iklan berbayar di sosial media. Kamu harus tentukan dulu strategi apa yang akan kamu terapkan. Konsep seperti apa yang juga akan kamu terapkan. Jangan lupakan hal Branding bisnis kamu. Strategi yang kamu buat adalah berdasarkan riset dari pesaing-pesaing kamu. Amati pesaingpesaing kamu dalam hal beriklan, amati iklan mereka apakah menarik atau tidak dalam hal konsep iklan. Dari hasil riset itu otomatis kamu dapat menentukan strategi iklan kamu.

2. Ketahui Target Pasar Kamu

Kamu harus mengetahui bahwa bisnis kamu untuk siapa? kalangan milenial atau orang dewasa. Setelah menentukan target pasar bisnis kamu, lakukan riset lagi tentang hal ini. Misalnya target kamu adalah milenial, lakukan riset tentang kebiasaan mereka dan ketertarikan mereka. Dalam hal riset kamu dapat memanfaatkan Tools dari Facebook, yaitu Facebook Audience Insights. Dari tools tersebut kamu dapat menemukan data yang dapat kamu manfaatkan berdasarkan target pasar kamu.

3. Lakukan Riset Keyword (Kata Kunci) yang Tepat

Lakukan riset keyword (kata kunci) dengan tepat dan apa yang sedang trending. Hal ini sangat penting untuk iklan anda. Gunakan Google Trends untuk mendapatkan data yang tepat berdasarkan keywoard (kata kunci) iklan kamu. Dari data tersebut dapat kamu manfaatkan untuk menentukan keywoard (kata kunci) yang tepat untuk iklan anda.

4. Tentukan Targeting Yang Benar

Setelah langkah diatas sudah selesai kamu lakukan, kamu dapat mengolah data tersebut untuk melakukan targeting yang tepat untuk iklan kamu. Dalam hal ini kamu sudah mempunyai data yang valid berdasarkan target pasar kamu. Dalam hal targeting iklan memang benar-benar harus tepat dan berhati-hati. Jika salah melakukan targeting, maka iklan anda hanya akan sia-sia.

5. Tentukan Budget Kecil Namun Efektif Dan Efisien

Tenang, dalam hal budget ini kamu dapat menggunakan budget seminimal mungkin namun sangat efektif. Mengapa bisa begitu? karena kamu sudah mempunyai data riset yang kamu lakukan sebelumnya dan itu sudah pasti iklan anda dapat efektif walaupun budget kamu sedikit. karena kebanyakan pelaku usaha tidak melakukan riset terlebih dahulu sebelum pasang iklan. Dan mereka menganggap bahwa, budget iklan makin besar maka feedback yang di dapat juga besar. Dan hal itu memang salah dan masih banyak pelaku usaha melakukannya. Ingat, dalam hal pasang iklan di dunia digital itu “Budget Minimal, Untung Maksimal”. 

6. Amati Laporan Iklan Selama Masa Aktif Iklan

Jika iklan kamu sudah aktif, tidak salah kalau kamu mengamati setiap laporan iklan kamu. Dan tentunya kamu juga harus update tentang hasil iklan kamu kan? Semua iklan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Nah dari hasil laporan tersebut kamu dapat mengetahui apa yang masih kurang dalam iklan kamu. Lakukan improvement terhadap iklan kamu, temukan apa yang salah dalam iklan kamu. Setelah kamu mengetahuinya, kamu dapat melakukan iklan yang lebih baik dibulan selanjutnya.