BeritaBisnis

IMEI Smartphone Kamu Sudah Resmi? Cek Disini

0

Di bulan Agustus nanti, Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengeluarkan peraturan tentang Aturan IMEI pada Smartphone yang akan masuk di Indoneisa.

Alasan Pemerintah atas dikeluarkannya Aturan IMEI pada Smartphone ini adalah untuk memberantas distribusi Smartphone ilegal yang telah lama ada di Indonesia. Dimana para pembeli smartphone dari luar negeri tidak akan bisa menggunakan semua operator dalam negeri.

Dan Kemkominfo sendiri telah bekerjasama dengan Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan untuk menandatangani Aturan terbaru tersebut.

Nah, untuk mengetahui IMEI pada smartphone kamu itu resmi atau bukan dapat di cek melalui situs resmi yang di terbitkan oleh Kementrian Perindustrian. Apabila IMEI kamu tidak ada dalam database sistem, artinya smartphone kamu tidaklah resmi atau ilegal.

Ada beberapa cara untuk mengecek IMEI di smarpthone kamu adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol *#06#. Untuk smartphone Samsung, iPhone, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi.
  2. Setting > System > About Phone
  3. Atau instal aplikasi MY IMEI di Playstore

Setelah kamu mengetahui kode IMEI smarphone kamu, kemudian cek kode IMEI smartphone kamu di situs resmi Kementrian Perindustrian klik disini. 

Semoga IMEI kamu terdaftar pada sistem database pemerintah ya.

 

(UPDATE : Apabila situs resmi dari Kementrian Perindustrian untuk mengecek IMEI tersebut tidak bisa dibuka, kemungkinan sedang dalam Maintenance atau sedang dalam perbaikan)

 

Akibat Perang Dagang AS & China Terhadap Ekonomi Global

Previous article

Setelah Pertemuan Jokowi dan Prabowo, Begini Nasib Rupiah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita