Mendengar kata iphone pasti anda sudah pusing dengan harganya, Tapi belakangan ini negara China memutuskan untuk menurunkan harga Iphone sampai mendapatakan Diskon sebesar 6 persen, khusus untuk pembelian produk dari toko online resmi apple. Dan tak cuma IPhone, produk lain seperti Earphone Airpod, Mackbook, dan Tablet IPad ikut mendapat diskon. Karena disebabkan adanya perubahan aturan pajak di China. Diketahui, turunnya pajak pertambahan nilai di China untuk produsen seperti apple mengalami penurunan dari 13 persen dari sebelumnya 16 persen, Pemangkasan ini terpaut beberapa bulan setelah apple mengumumkan penurunan pendapatan pada kuartal keempat 2018, di mana penjualan produk lebih rendah dari pada target.

Tidak perlu khawatir inilah daftar Harga Iphone baru di situs resmi Apple di China. Diskon yang diberikan berbeda-beda, Seperti IPhone XR misalnya, mendapat potongan harga 4,6 persen dari sebelumnya Rp 13,7 jutaan (499 yuan) menjadi Rp 13,1 jutaan (6.199 yuan), dan Sekelas IPhone XS dan XS Max mendapat potongan harga Rp 1 jutaan (500 yuan) per item.

Para konsumen Apple yang telah membeli produk tersebut telah terdampak penurun pajak dalam 14 hari terakhir maka akan mendapatkan sebuah pengembalian dana untuk selisih harga produk yang mereka beli.

Hongkong dan Taiwan juga berkontribusi kisaran 15% untuk Apple di Kuartal keempat 2018. Namun pengahasilan Apple dari China sebesar Rp 187,6 triliun (us$13,17 miliar) mengalami penurunan kisaran Us$5 Miliar dibanding pecapain tahun lalu.

Keberuntungan Apple di China memang sedang menurun di mana penjualan iPhone menurun kisaran 20%. Tekanan vendor lokal yang menawarkan ponsel semakin berkualitas membuat mereka agak kewalahan maka dari itu di china harus melakukan penggebrakkan baru terhadap produk Apple yang meraka buat.

Meski Apple di China mengalami penurunan penjualan, tidak mudah bagi Apple untuk memangkas harga iphone atau mengeluarkan versi murahnya. Selain masalah mempertahankan gengsi, ada persoalan lain yang mereka hadapi, Apple juga tetap akan meningkatkan kinerja sistem IOS yang lebih unggul dan menaikan pasaran kembali, jika pajak di China sudah stabil kembali normal  seperti dulu awal harga ditetapkan.